DINSOSP3AKB Kab. Sanggau Gelar Lomba Aksi Bersih Makam Pahlawan dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020

Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam hal ini Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DINSOSP3AKB) Kabupaten Sanggau gelar lomba aksi bersih Makam, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020. Dengan tema yang diusung “Bakti kami untuk pahlawan”, kegiatan yang dilaksanakan di Taman Makan Pahlawan (TPM) Patriot Bangsa, Sabtu (5/12/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Staff Ahli Bupati Sanggau Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Rizma Aminin, S.IP, M.Si, Sekretaris DINSOSP3AKB Kab. Sanggau, Suhendra, S.Sos, Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, perwakilan OPD yang mengikuti lomba serta para organisasi kemasyarakatan.

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau, Valentinus Sudarto dalam sambutannya melaporkan kegiatan ini dilaksanakan merupakan sesuatu yang jarang dilakukan ditempat lain.

“Kegiatan ini kami ingin melihat implementasi dari program Dompu yang merupakan hal yang sedang kami galakkan di Dinas Sosial dalam rangka bentuk implementasi dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sanggau yang tertuang dalam seven brand image,” kata Valentinus.

Jadi dalam hal ini, lanjut dia kegiatan ini dilaksanakan karena ingin melihat partisipasi dari seluruh pihak, baik itu dari unsur pemerintah dan organisasi kemasyarakatan.

“Bagaimana bisa merubah makam pahlawan supaya tidak dipandang dan pikir oleh masyarakat menjadi tempat angker. Sehingga melalui kegiatan lomba  aksi bersih makam ini menjadikan tempat makam pahlawan ini menjadi sarana tempat piknik dan untuk tahun depan akan kita laksanakan dengan lebih meriah lagi,” ujar Valentinus.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Rizma Aminin menyampaikan kita tahu bahwa gotong royong merupakan jati diri bangsa kita sudah sejak lama.

“Mudah-mudahan sampai hari ini gotong royong yang sudah mendarah daging di masyarakat tidak pudar dan hilang. Baju yang dibagikan oleh pihak panitia yang bertuliskan dibelakang siDompu ini sudah ada di dalam RPJMD Pemerintah Kabupaten Sanggau 2019-2024,  yang intinya bagaimana bisa bersama-sama bekerja bergotong royong untuk membangun Kabupaten Sanggau agar maju dan terdepan,” ujar Staff Ahli Bupati Sanggau Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Rizma Aminin.

Hari ini, lanjut Rizma Aminin kita mulai dengan melaksanakan kerja bakti.

“Ini merupakan salah satu ide kreatif dan cerdas bagaimana kita pada hari ini bisa melaksanakan kerja bakti dan sekaligus lomba aksi bersih makam. Mudah-mudahan hari ini niat kita kerja bakti ini bukan karena mengikuti lomba, akan tetapi benar-benar niat di dalam hati ingin mengikuti kerja bakti membersihkan Makam Pahlawan ini sebagai wujud terimakasih,  penghormatan kita kepada para pahlawan kita yang sudah memperjuangkan daerah kita dan Negara Indonesia ini,” Tuturnya.

“Dengan lokasi lomba aksi bersih makam yang sudah ditentukan oleh pihak panitia ini, mudah-mudahan menjadikan Makam Pahlawan ini menjadi bersih, indah dan tidak menakutkan,” sambungnya.

Adapun nama-nama pemenang lomba aksi bersih Taman Makam Pahlawan (TMP) Patriot Bangsa diantaranya :

  1. Juara Pertama, diraih oleh KOTI Pemuda Pancasila
  2. Juara Kedua, diraih oleh MPC Pemuda Pancasila
  3. Juara Ketiga, diraih oleh Kantor Lurah Sungai Sengkuang
  4. Juara Harapan Pertama, diraih oleh PFKPM
  5. Juara Harapan Kedua, diraih oleh Dinas Kesbangpol Linmas
  6. Juara Favorit diraih oleh Dinas LHKPK

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.