DINSOSP3AKB Kab. Sanggau melaksanakan Pelayanan MKJP

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau melalui Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melaksanakan kegiatan pelayanan KB melalui  Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau Selasa 5/8/2017.

“Di Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau pemakaian kontrasepsi MKJP yaitu  IUD  dan Implant mencapai 58 persen, sehingga perlu ditingkatkan lagi,” kata Kepala Dinas Sosial, Pemberyaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau, Rabu (6/8/2017).

Menurutnya dalam rangka  meningkatkan pelayanan KB menggunakan MKJP maka perlu dilakukan sosialisasi  dan peningkatan kompetensi tenaga Dokter dan  Bidan  melalui pelatihan  tehnis. Selain itu juga perlu dilakukan pelatihan Komunikasi Inter Personal  (KIP) atau Konseling Penggunaan Alat Bantu Pengambilan Keputusan (ABPK).

“Jadi untuk meningkatkan pelayanan KB  MKJP dimasyarakat maka perlu meningkatkan kerjasama dengan pihak rumah sakit swasta, pemerintah maupun klinik-klinik KB  serta memberikan peralatan Laparoscopy,” kata Supriyanto..

“Kita berharap pelayanan KB yang ada dirumah sakit pemerintah dan swasta serta kilinik akhirnya mengarah pada  penggunaan kontrasepsi jangka panjang MOP, MOW, IUD dan Implant,” katanya.

Supriyanto menambahkan  untuk menghindari Droup Out/putus  dalam  penggunaan alat kontrasepsi suntik dan pil  yang secara nasional  mencapai 40 persen, maka diarahkan menggunakan kontrasepsi jangka panjang, sehingga perlu dilakukan sosialisasi.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.