DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau Luncurkan Aplikasi SIDOMPU

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau, Drs. Aloysius Yanto, M.Si menyampaikan, sejak tahun 2016 Kabupaten Sanggau belum tuntas atau belum maksimal memverifikasi dan memvalidasi data kemiskinan, yang biasa disebut Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Berdasarkan pengalaman dari tahun 2016 – 2020, bahwa hampir semua bantuan sosial diberikan kepada penduduk / warga, yang terdapat namanya dalam DTKS.

“Faktanya ada penduduk/warga yang miskin tidak masuk dalam DTKS. Ini artinya kita belum maksimal memverifikasi dan memvalidasi data kemiskinan secara kontinu setiap bulan,” kata Aloysius.

Ke depan, dalam rangka rencana aksi perubahan dengan judul “Akselerasi Efektifitas Bantuan Sosial Melalui Kolaborasi Sistem Informasi Data kemiskinan Terpadu (SIDOMPU) di Kabupaten Sanggau” dan dalam rangka akan melakukan verikasi dan validasi penduduk miskin di setiap desa /kelurahan se-Kabupaten Sanggau, Dinsos -P3AKB Kabupaten Sanggau akan menunjukan operator SIDOMPU di setiap desa/kelurahan yang bertugas menginput, memverifikasi dan memvalidasi data kemiskinan di desa/kelurahan serta  memperbaharui dan mengupdate data setiap bulan.

“Kedua, kami akan meluncurkan Sistem Informasi Data Kemiskinan Terpadu, yang disebut aplikasi SIDOMPU.  SIDOMPU adalah kearifan lokal Kabupaten Sanggau yang artinya saling gotong royong dan saling percaya,” terangnya.

Untuk itu dengan semangat SIDOMPU, pihaknya mengimbau kepada kades/lurahan dan perangkatnya atau relawan desa/kelurahan untuk mari bersama-sama mendukung pendataan masyarakatnya di masing-masing desa/kelurahan.

“Ke depan, jangan sampai ada penduduk miskin di desa/kelurahan yang tidak terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI,” harap Aloysius.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.
We do not share your personal details with anyone.