Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Miliki Forum Anak Daerah

Kabupaten Sanggau miliki Forum Anak Daerah (FAD) di tingkat kelurahan. FAD ini memiliki fungsi menginformasikan terkait hak dan perlindungan anak.

“Kita ingin mengajak anak untuk menunjukan perannya secara organisasi,” kata Kabid Perlindungan Anak dan Kesejahteraan Keluarga pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau, Hj. INA MONOWARINA, SH, M.Si pada kegiatan Pembentukan Forum Anak Daerah (FAD) tingkat Kelurahan di Aula Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Minggu (15/10/2017).

“Memberikan informasi pada anak-anak tentang hak anak berdasarkan undang- undang tentang perlindungan anak dan hak konferensi anak salah satunya adalah partisiasi anak,” ujarnya.

Menurutnya, ada 6 Kelurahan di Kecamatan Kapuas yang ikut dalam kegiatan pembentukan FAD ini, yaitu Kelurahan Bunut, Kelurahan Beringin, Kelurahan Ilir Kota, Kelurahan Ilir Kota, Kelurahan Sei Sengkuang, Kelurahan Tanjung Kapuas dan Kelurahan Tanjung Sekayam. Setiap kelurahan tersebut memberikan perwakilan anak dari kelas 6 SD hingga 2 SMA dan 6 kelurahan tersebut.

Fasilitator Forum Anak Daerah, menjelaskan pada kegiatan tersebut, anak-anak diajarkan tentang hak anak seperti partisipasi anak dan juga cara berorganisasi yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat nasional.

“Setelah ini kita tidak hanya membentuk forum anak tapi juga akan membentuk forum komunikasi karenakan forum anak inikan berjenjang, mulai dari kelurahan, kecamatan, kota kabupaten, provinsi, hingga nasional dan tanggungjawab kami adalah tetap memfasilitasi mereka,” jelasnya.

Melalui kegiatan itu, anak-anak bisa menunjukan perannya dan menyampaikan aspirasinya didepan forum serta menjadikan Kabupaten Sanggau menjadi Kabupaten layak anak.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.