Kelurahan Sei Sengkuang Kecamatan Kapuas Miliki Forum Anak

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau telah membentuk forum anak hingga ke tingkat kecamatan dan bahkan kelurahan.

“Alhamdulillah Pemkab telah menganggarkan pembentukan forum anak mulai dari kelurahan dan kecamatan ini. Selama ini baru pembentukan forum anak daerah Kabupaten saja,” ujar Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau, Yohanes Supriyanto, SH pada hari Sabtu.18 November 2017

Yohanes Supriyanto menjelaskan setiap tahunnya pembentukan forum anak dilakukan. Adapun tujuan dibentuk forum menurutnya untuk meningkatkan pengetahuan anak terhadap hak dan kewajibannya.

“Selain itu anak diajarkan cara menginventarisasi masalah, penyebab masalah dan mengusulkan pemecahan masalah. Usulan ini nanti menjadi rekomendasi anak yang akan dibacakan pada peringatan hari anak,” katanya.

Dikatakannya di samping mendorong anak untuk berpartisipasi dalam pembangunan di akhir pembentukan forum dipilih presiden dan duta secara pemilu raya dengan memunculkan formatur terlebih dahulu.

“Setelah terbentuk forum, mereka dilibatkan dalam kepanitiaan peringatan hari anak nasional dan kepanitiaan lainnya. Juga dilibatkan dalam aksi peduli di masyarakat,” tuturnya.

Terkait problem anak di Sanggau ia mengungkapkan masih ada hak anak yang belum terpenuhi. Dengan hal itu katanya pemerintah berupaya membuat kebijakan, menyiapkan anggaran dan mengadvokasi, serta sosialisasi agar bisa memenuhi hak anak tersebut.

“Soal anak ini tidak pemerintah saja mengatasinya melainkan melibatkan dunia usaha dan lembaga masyarakat, tokoh masyarakat, semua orang dimanapun kapanpun,” katanya.

Ia mengimbau agar semua pihak berperan bisa wujudkan anak Sanggau sebagai generasi emas, anak yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan religius.

“Jadilah orang tua teladan yang menjadi kebanggaan anak. Jadikan rumah sebagai tempat berlindung yang menyenangkan, dan aman. Anak adalah generasi penerus pemimpin masa depan,” kata dia.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.