PELAYANAN KB GRATIS DALAM RANGKA HUT PEMERINTAH PROVINSI KALBAR KE-61 TAHUN 2018 DI KEC. TAYAN HILIR KABUPATEN SANGGAU

Dalam rangka HUT Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ke-61 tahun 2018, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat dengan tema “Mari Bersatu Membangun Kalbar” turut memeriahkan berbagai kegiatan. Rangkaian kegiatan selanjutnya pada tanggal 18 Januari 2018 Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Bhakti Sosial Pelayanan KB di Kabupaten Sanggau Kec. Tayan Hilir tepatnya di Desa Kawat.

Kecamatan Tayan Hilir adalah salah satu dari 15 kecamatan di Kabupaten Sanggau yang memiliki 15 desa, salah satunya adalah desa Kawat yang dijadikan tempat Pelayanan KB gratis di Kab. Sanggau dalam rangka HUT Pemerintah Provinsi ke-61 kali ini. Pada kegiatan yang bertempat di Puskesmas Kec. Tayan Hilir Desa Kawat, kegiatan yang dimulai pukul 08.00 s/d 15.00 WIB ini melayani total 87 akseptor dengan jumlah pemakaian Implant sebanyak 46 orang dan IUD sebanyak 3 orang. Untuk pemakaian kontrasepsi tradisional sendiri masih diminati oleh masyarakat dengan jumlah pemakaian Pil sebanyak 27 orang akseptor, untuk Suntik ada 9 orang akseptor dan Kondom sebanyak 2 orang.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat dan Kepala DINSOSP3AKB Kab. Sanggau meninjau Pemasangan Implant pada salah satu akseptor

Pelayanan KB Gratis di Kec. Tayan Hilir ini dihadiri pula oleh Bapak Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau bersama Kepala Seksi KB  dan Stafnya, kemudian dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat diwakili oleh Kepala Sub Bidang Bina Kesertaan KB Jalur Wilayah Pemerintah dan Swasta, 1 orang staf dari Sub Bidang Bina Kesertaan KB Jalur Wilayah Khusus dan 1 orang staf sub bagian Kesehatan Reproduksi.

Meskipun kegiatan ini terakhir dilaksanakan pada bulan Desember 2017 lalu, namun tidak mengurangi perhatian dari masyarakat setempat untuk menjadi akseptor KB, hal ini tentu saja tidak terlepas dari peran Kepala Desa Kawat dan partisipasi dari perangkat desa dan Kecamatan Tayan Hilir dalam mensosialisasikan kegiatan ini. Diharapkan Pelayanan gratis ini dapat memenuhi kebutuhan ber-KB masyarakat Desa Kawat Kec. Tayan Hilir dan apabila masyarakat dapat memperoleh pelayanan kontrasepsi gratis, khususnya Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) maka dapat meningkatkan program KKBPK dan menekan unmeet need.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.