Pembinaan Kampung KB di Desa Jangkang Benua Kecamatan Jangkang

Pertemuan rutin kader Kampung KB Desa Jangkang Benua Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau, Rabu, 4 Oktober 2017 selain dihadiri Kepala Seksi KESRA Kecamatan Jangkang juga mendapat kunjungan Monitoring dari Tim DINSOSP3AKB Kab. Sanggau.

Kepala Seksi Advokasi Kominukasi Informasi dan Kemitraan DINSOSP3AKB Kab. Sanggau dalam paparannya mengatakan bahwa “Secara umum, tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Pemberdayaan Kader BKB, BKR, BKL dan UPPKS serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas”. “Sedangkan secara khusus, Kampung KB ini dibentuk  selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan”.

Lebih lanjut  Kepala Seksi Advokasi Kominukasi Informasi dan Kemitraan DINSOSP3AKB Kab. Sanggau menjelaskan dan menekankan bahwa  ada tiga hal pokok yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebagai syarat dibentuknya Kampung KB dalam suatu wilayah, yaitu : Pertama, tersedianya data kependudukan yang akurat. Kedua, dukungan dan komitmen Pemerintah Daerah. Ketiga, partisipasi aktif masyarakat.

Menjadikan Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat bukanlah sesuatu yang mustahil, dan untuk mewujudkan harapan tersebut tidak cukup hanya dengan membuat kesepakatan atau komitmen diatas kertas, namun perlu ketekunan, kesabaran, kebersamaan serta kerja keras yang diaplikasikan dalam wujud nyata, lebih-lebih membangun masyarakat pinggiran.

Kepala Desa Jangkang Benua Kecamatan Jangkang mengajak seluruh kader untuk bersinergi dan menjaga kebersamaan. Dengan kebersamaan pasti semuanya akan lebih mudah diatasi, karena membangun masyarakat dari pinggiran bukanlah semata-mata harapan, melainkan lebih kepada bagaimana memposisikan Program KB sebagai upaya membangun kesejahteraan dengan prioritas masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari pemerintah.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.