PENCANANGAN KESATUAN GERAK PKK – KB KES TINGKAT KABUPATEN SANGGAU DI DESA SUKA GERUNDI

TP PKK Kabupaten Sanggau telah menggelar acara Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten tahun 2017 pada hari Kamis (26/10/2017) yang bertempat di Balai Pertemuan Desa Suka Gerundi, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau. Adapun Tema yang di usung adalah “ ayo kita dukung Gerakan Masyarakat dalam rangka Meningkatkan Cakupan Pelayanan, Mengupayakan Penduduk Tumbuh Seimbang, Keluarga Sadar Kesehatan, Masyarakat Berdaya dan Sejahtera.”

Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan merupakan agenda tahunan yang rutin, dan kegiatan ini diharapkan dapat memberdayakan keluarga dalam meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya kesehatan dan kesejahteraan keluarga yang memerlukan peran serta semua pihak. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertumbuhan penduduk serta meningkatkan kesehatan keluarga berencana yang berkualitas dan mandiri guna.

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan Tingkat Kabupaten ini dicanangkan oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si. Dalam kegiatan ini Bupati didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina, S.Pd, M.Si. disaksikan pula, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Ketua TP PKK Kecamatan / Kelurahan / Desa,  Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Organisasi serta para undangan.

Dalam sambutan Bupati menegaskan, bahwa pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini dilaksanakan, ditujukan kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sanggau untuk ikut berperan aktif dalam meningkatan pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan dalam mengupayakan penduduk tumbuh seimbang, keluarga sadar kesehatan, masyarakat berdaya dan sejahtera.

Sebelum mengakhiri Pencanangan tersebut Bupati menyampaikan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mengatur jarak kelahiran dengan mengikuti program KB upaya membentuk keluarga yang terencana, mewujudkan keluarga yang lebih sejahtera. Bupati Sanggau menambahkan, “upaya pengendalian jumlah penduduk di Kabupaten Sanggau terus digalakkan sehingga akhir Desember 2017, jadi sebaiknya targetkan pemasangan implant terhadap 200 akseptor baru yang masih dalam usia reproduksi”

Adapun bentuk Pelayanan pada kegiatan tersebut yaitu Pelayanan kesehatan, Pelayanan Pemeriksaan ibu hamil dan Pelayanan KB gratis yang lebih di tekankan pada pemilihan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) Implant dan IUD yang dilaksanakan di Desa Suka Gerundi. Total hasil pelayanan MKJP diperoleh 23 orang yang terdiri dari implant 18 akseptor dan IUD 5 akseptor.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.