Selamat Datang

(0564) 21035

dinsosp3akb@sanggau.go.id

Sekilas Kampung Keluarga Berencana

| | 0 Comments

Amanat Presiden Republik Indonesia, kepada Bkkbn agar menyusun suatu kegiatan / program yang dapat memperkuat upaya pencapaian target / sasaran Pembangunan Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana 2015 – 2019, kegiatan tersebut dapat menjadi ikon BKKBN serta dapat secara langsung bersentuhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia diseluruh tingkatan wilayah. Dalam hal ini kemudian disepakati agar BKKBN segera dapat membentuk Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB).

Kampung KB merupakan salah satu kegiatan prioritas yang sesuai dengan instruksi Presiden RI, terutama sebagai bentuk investasi Program KB yang manfaatnya dapat secara langsung diterima oleh masyarakat. Untuk itu perlu dilakukan langkah koordinasi linstas sektor, terutama dalam integrasi kegiatan yang akan dilaksanakan di Kampung KB.

Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh di lini lapangan. Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniatur pelaksanaan total Program KKBPK secara utuh yang melibatkan seluruh Bidang di lingkungan BKKBN dan bersinergi dengan Kementerian / Lembaga, mitra kerja, stakeholder instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di tingkatan Pemerintahan terendah (sesuai prasyarat penentuan lokasi kampung KB) diseluruh Kabupaten / Kota.

Menindaklanjuti program KKBPK maka pada tahun 2016 Bupati Sanggau sudah mencanangkan 2 (dua) Kampung KB yaitu Desa Jangkang Benua Kecamatan Jangkang dan Desa Lumut Kecamatan Toba. Pada tahun 2017 sudah dicanangkan 13 Kampung KB oleh Bupati Sanggau yaitu Desa Botuh Lintang Kecamatan Kapuas, Desa Sei Mawang Kecamatan Mukok, Desa Idas Kecamatan Noyan, Desa Sami Kecamatan Bonti, Desa Thang Raya Kecamatan Beduai, Desa Lubuk Sabuk Kecamatan Sekayam, Desa Semayang Kecamatan Kembayan, Desa Sebara Kecamatan Parindu, Desa Berakak Kecamatan Tayan Hulu, Desa Subah Kecamatan Tayan Hilir, Desa Empirang Ujung Kecamatan Balai, Desa Sungai Mayam Kecamatan Meliau dan Desa Nekan Kecamatan Entikong. Pada tahun 2018 dicanangkan 17 Kampung KB oleh Bupati Sanggau yaitu Desa Sungai Mawang, Desa Mengkiang dan Desa Kambong Kecamatan Kapuas, Desa Layak Omang Kecamatan Mukok, Desa Tunggul Boyok Kecamatan Bonti, Desa Dosan Kecamatan Parindu, Desa Cuet Kecamatan Balai, Desa Kuala Buayan Kecamatan Meliau, Desa Idas Kecamatan Noyan, Desa Terati Kecamatan Jangkang, Desa Kasro Mego Kecamatan Beduai, Desa Malenggang Kecamatan Sekayam, Desa Riyai Kecamatan Tayan Hulu, Desa Emberas Kecamatan Tayan Hilir, Desa Bagan Asam Kecamatan Toba dan Desa Semanget Kecamatan Entikong.

Diharapkan dengan adanya Kampung KB, keluarga semakin meningkat kesejahteraannya dan tidak terdapat lagi keluarga miskin di Kampung KB. Miskin tidak hanya kekurangan ekonomi tapi terhindar dari segala bentuk kemiskinan diantaranya : Miskin Harta, Miskin Ibadah, Miskin Sosial, Terhindar dari kebodohan dan keterbelakangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.
We do not share your personal details with anyone.