Tabur Bunga Di Taman Makam Pahlawan Harumkan Peringatan Hari Ibu

Puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-92 tahun 2020 akan diselenggarakan pada 10 Desember 2020 nanti. Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kab. Sanggau telah melakukan serangakaian kegiatan PHI salah satunya adalah ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Patriot Bangsa, Sanggau, Senin (7/12/2020). 

 

Kegiatan ini dilakukan bersama organisasi perempuan, diantaranya Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sanggau, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sanggau, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sanggau, Bhayangkari Sanggau, Persit Sanggau dan lembaga lainnya.

“Setiap tahunnya Bangsa Indonesia memperingati Hari Ibu namun berbeda dengan perayaan Mother’s Day, hari Ibu di Indonesia adalah untuk memperingati Kongres Pertama Perempuan Indonesia yang telah ikut berjuang dalam merebut kemerdekaan. Oleh karena itu, ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan wajib PHI. Makna mendalam hari ibu adalah lebih kepada memberikan ruang gerak serta semangat terhadap kaum perempuan untuk terus berjuang, mengeksplorasi diri, serta saling menginspirasi,” kata Kadis DINSOSP3AKB Kab. Sanggau saat melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Patriot Bangsa, Sanggau.

Acara Ziarah diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan, menghentikan cipta kemudian peletakan karangan bungan pada tugu makam pahlawan yang dipimpin oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kab. Sanggau, Ibu Dian Afian  didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Ibu Arita Apolina.

Selanjutnya, dilakukan penaburan bunga di beberapa makam pahlawan.

Ketua TP PKK menyampaikan bahwa tujuan utama ziarah ini sebagai tanda penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan, termasuk pahlawan perempuan baik yang berjuang untuk bangsa maupun pahlawan yang berjuang dalam keluarga.

“Besar harapan agar kegiatan ziarah ini dapat meningkatkan kesadaran bahwa kita yang hidup di era ini, sudah menikmati hasil perjuangan dari para pahlawan. Oleh karena itu, kita tidak boleh lupa bahwa menanamkan nilai-nilai juang dan kerja keras bagi para generasi penerus bangsa agar kemerdekaan ini tetap dirawat dan dijaga menjadi sangat penting. Keberadaan pahlawan atau tokoh perempuan menjadi bukti bahwa keberadaan perempuan sudah sepatutnya disetarakan dengan laki-laki, termasuk dalam hal meningkatkan ketahanan keluarga demi mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia” ujar Arita.

Peringatan Hari Ibu ke-92 tahun 2020 mengangkat tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”.

Berbagai kegiatan telah diselenggarakan mulai dari kegiatan anjangsana Peringatan Hari Ibu ke-92 di Kab. Sanggau, dan ziarah ke Taman Makan Pahlawan Patriot Bangsa, Sanggau. Sedangkan untuk acara Puncak Peringatan Hari Ibu ke-92 akan diselenggarakan di Ruang Rapat VVIP Lantai 2 Kantor Bupati Sanggau tanggal 10 Desember 2020.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.