Sosialisasi Pembinaan Organisasi Perempuan

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kab. Sanggau mengatakan Peran dan tugas perempuan dalam keluarga secara garis besar dibagi menjadi peran wanita sebagai ibu, sebagai istri dan sebagai anggota masyarakat.

“Keberhasilan melakukan peran tersebut, tentunya bukan merupakan hal yang mudah, yang penting adalah kemauan dan usaha serta keinginan untuk selalu belajar,” ujar Ka. DINSOSP3AKB.

Dijelaskannya, Keluarga merupakan suatu lembaga sosial yang paling besar perannya bagi kesejahteraan dan keberlangsungan kehidupan anggota keluarga terutama anak – anak.

Menurut Ka. DINSOSP3AKB, keluarga mempunyai peranan yang sangat penting bagi perkembangan dan pembentukan pribadi anak serta merupakan wadah tempat bimbingan dan latihan anak sejak kecil, muda belia dan diharapkan tumbuh berkembang hingga dewasa.

Dikatakannya, 3 (tiga) tugas penting peran ibu didalam mendidik anak yaitu sebagai penanggung jawab pemenuhan kebutuhan anak, ibu sebagai model yang ditiru dan diteladani anak dan ibu sebagai pemberi stimulan perkembangan anak.

Ibu sebagai istri pendamping suami tentunya tidak lepas dari peranannya sebagai ibu rumah tangga, penasehat yang bijaksana serta pendorong suami.

Sosialisasi dengan tema peran perempuan dan keluarga dalam mencegah kekerasan terhadap anak merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam mencegah tindakan kekerasan dalam rumah tangga.

Tindak kekerasan merupakan sikap yang sering dilakukan bukan hanya kekerasan terhadap fisik akan tetapi bisa dalam bentuk kekerasan ekonomi, seksual dan dan juga mental.

“Sikap tidak memberikan nafkah terhadap istri dalam rentang waktu yang lama merupakan salah satu contoh kekerasan ekonomi yang dilakukan seorang suami, maka dari itu yang perlu diperhatikan mengapa kekerasan tersebut kerap dialami perempuan dan anak meskipun tidak menutup kemungkinan akan dialami pula oleh kaum laki – laki, oleh karena perlu dilakukan upaya untuk menanggulangi segala bentuk kekerasan yang terjadi,” paparnya.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.