UPACARA KEHORMATAN DAN RENUNGAN SUCI DI TAMAN MAKAM PAHLAWAN PATRIOT BANGSA KABUPATEN SANGGAU

Upacara Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 yang diselenggarakan oleh Panitia Penyelenggara HUT Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Sanggau digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Patriot Bangsa Kabupaten Sanggau, Minggu malam (16/8) pukul 00.00 WIB.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Jumadi, S.Sos, Kapolres Sanggau AKBP Raymond Marcellino Masengi, S.I.K M.H, Dandim Sanggau Letkol Inf. Affiansyah, S.P, Kepala Kejari Sanggau Tengku Firdaus, S.H.,M.H, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, M.M, Instansi Vertikal, Forkompimda, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Sanggau, Personel TNI dan Polri Sanggau serta tamu undangan.

Kegiatan Upacara Kehormatan dan Renungan Suci pada tahun ini dilaksanakan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat kondisi pandemi covid-19 yang sedang terjadi, maka protokol kesehatan wajib diterapkan. Hal ini tampak dengan diberlakukan pembatasan jumlah peserta. Selain itu dilakukan pengecekan suhu tubuh dan kewajiban penggunaan masker. Adapun maksud dan tujuan digelar upacara kehormatan dan renungan suci ini yaitu untuk mengenang kembali gugurnya para pahlawan yang telah bersusah payah dalam memperjuangkan bangsa Indonesia dan merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah, khususnya di wilayah Kabupaten Sanggau. Maka daripada itu kita sebagai bangsa Indonesia sudah sepatutnya untuk selalu menghargai dan menghormati para pejuang terdahulu.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Sanggau AKBP Raymond Marcellino Masengi, S.I.K M.H selaku Inspektur Upacara. Dalam pembacaan naskah upacara kehormatan dan renungan suci ini Kapolres Sanggau menyampaikan bahwa kegiatan upacara ini dilaksanakan dalam rangka menghormati arwah para pahlawan atas kesucian, kebaktian dan pengorbanan para pahlawan demi memperjuangkan Bangsa Indonesia ini.

Selanjutnya dilakukan penandatangan naskah upacara kehormatan dan renungan suci serta penyalaan obor secara simbolis oleh Inspektur upacara. Sebagai penutup, komandan upacara memimpin penghormatan akhir kepada arwah para pahlawan.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.