You are currently viewing DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau Luncurkan Gerakan PATBM di Kecamatan Entikong untuk Meningkatkan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana

DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau Luncurkan Gerakan PATBM di Kecamatan Entikong untuk Meningkatkan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana

Sanggau, 24 Juli 2023 – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DINSOSP3AKB) Kabupaten Sanggau telah meluncurkan kegiatan sosialisasi pembentukan Perlundungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Kecamatan Entikong. Kegiatan tersebut merupakan inisiatif luar biasa yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan anak di wilayah tersebut dan menjalankan tugas layanan respon cepat dalam mencegah serta menangani kekerasan terhadap anak.

Gerakan PATBM merupakan program berbasis masyarakat yang dirancang untuk memberikan perlindungan optimal bagi anak-anak, dengan melibatkan partisipasi aktif Masyarakat. Program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan ramah anak serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melindungi dan menghargai hak-hak anak.

Dalam acara peluncuran tersebut, Kepala DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau, Drs. Aloysius Yanto, M.Si, mengungkapkan betapa pentingnya peran masyarakat dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan anak-anak di kecamatan ini. “Anak-anak adalah aset berharga bagi bangsa dan negara. Kita harus bersama-sama menjaga mereka dari segala bentuk ancaman dan kekerasan”, ujarnya.

Melalui kegiatan  ini, DINSOSP3AKB memberikan pemahaman tentang indikator kekerasan terhadap anak, tanda-tanda anak yang mengalami kekerasan, serta langkah-langkah penanganan yang tepat. Masyarakat diajak untuk melaporkan secara cepat jika mengetahui ada kasus kekerasan terhadap anak agar dapat ditangani dengan segera dan tepat. Selain itu direncanakan pula,  akan melaksanakan program pelatihan dan pendampingan untuk penguatan kapasitas masyarakat setempat agar lebih aktif dalam melindungi anak-anak  dengan tujuan agar masyarakat dapat memberikan dukungan dan perhatian yang lebih bagi anak-anak yang berada dalam situasi rentan.

Bapak Suparno, salah satu peserta kegiatan, menyampaikan apresiasinya terhadap program PATBM ini. “Kami merasa senang dan terbantu dengan adanya program ini. Semakin banyak orang yang tahu tentang pentingnya melindungi anak, semakin baik bagi generasi masa depan,” ucapnya.

Diharapkan dengan terbentuknya PATBM di Kecamatan Entikong, perlindungan terhadap anak-anak di wilayah ini akan menjadi lebih optimal. Masyarakat diundang untuk berperan aktif dalam mendukung dan menjalankan gerakan ini, agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman, penuh kasih sayang, dan bebas dari kekerasan.

Tinggalkan Balasan